• Galeri Foto
  • Galeri Foto
  • Galeri Foto

WAASTER KASAD DAMPINGI MENTAN RI PANEN RAYA JAGUNG DI PROVINSI LAMPUNG

E-mail Cetak PDF
Penrem 043/Gatam.


   Bandar  Lampung (17/02), Waaster Kasad Brigjen TNI Budi Sulistijono, mendampingi Menteri Pertanian RI, DR. IR. H. Andi Amran Sulaiman, MP, Kamis (16/02) melakukan panen raya jagung di dua desa dari kabupaten berbeda yakni Desa Tanjung Agung kec. Katibung Kabupaten Lampung Selatan dan Desa Trimurji Kec. Tegineneng kabupaten Pesawaran. Menteri Pertanian (Mentan)  RI, Waaster Kasad dan rombongan tiba di Bandara Raden Inten II, Bandar Lampung, sekitar pukul 07.00 WIB, langsung disambut Kadis Pertanian Sumarno, Danrem 043/Gatam Kolonel Inf. Hadi Basuki, S.Sos, Aster Kasdam II/Swj Kolonel Inf Denny Marthen Rihi dan pejabat terkait yang mewakili Gubernur Lampung.

   Mentan RI beserta rombongan langsung menuju PT Vasham Kosa Sejahtera, sebagai mitra petani jagung yang membangun gudang dan pengeringan di Lampung, usai melaksanakan peninjauan di PT Vasham Kosa Sejahtera, Mentan RI, Waaster Kasad, Seda Prov. Lampung Sutono, Danrem 043/Gatam, Aster Kasdam II/Swj dan rombongan lainnya, langsung menuju Desa Tanjung Agung, Katibung, Lampung Selatan untuk  menghadiri panen raya jagung, juga memberikan bantuan benih jagung dan alsintan (alat mesin pertanian) adapun bantuan tersebut berupa 9 unit Corn Sheller (mesin perontok jagung), 495 ribu ton benih jagung hibrida, 10 pompa, dan 50 ribu ton pupuk.

   Dalam sambutannya Mentan RI usai melaksanakan Panen Raya “ Kenapa TNI, Polri ikut swasembada ? Jawaban nya simple saja, kalau ada alien yang bisa membantu swasembada pangan maka saya kasih anggaran, siapapun yang mengancam ketahanan pangan maka mengancam ketahanan negara, dan TNI - Polri harus ikut," ujar Mentan. Usai melaksanakan panen raya Rombongan langsung menuju kebun PKK Prov. Lampung “ Horti Park Lampung “, desa Sabah balau Kab. Lamsel untuk melaksanakan kegiatan Gerakan tanam cabai Provinsi Lampung dan sekaligus menyerahkan bibit cabai sebanyak 1 juta bibit yang bersal dari 500 ribu bibit dari Provinsi Lampung dan 500 ribu bibit dari Kementerian Pertanian RI.

   Kegiatan dilanjutkan dengan agenda Launcing Jual Beli Jagung Gapoktan dengan GPMT ( Gabungan Pengusaha Makanan Ternak ) di Desa Trimurji Kec. Tegineneng kabupaten Pesawaran, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman langsung menanggapi keluhan petani kagung tentang harga jual jagung yang rendah, Mentan langsung memanggil petani, pedagang dan juga bulog guna menyelesaikan masalah tersebut, hasil kesepakatan antara Mentan, petani, pedagang dan bulog harga jagung basah tidak boleh di bawah Rp. 2.500 per kilogram (kg) dan jagung kering harus di atas Rp3 ribu per kg. Selanjutnya, bulog pun diinstruksikan untuk membeli jagung langsung dari tangan petani, sehingga petani jagung dapat merasakan kesejahteraan juga dan Mentan pun menyerahkan bantuan 4 unit traktor roda empat untuk kelompok tani jagung di Kab. Pesawaran.

   Hadir pada kegiatan Launcing Jual Beli Jagung Gapoktan dengan GPMT, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Ketua DPRD Pesawaran M Nasir, anggota DPR RI dan DPD serta jajaran forkopimda setempat. Kegiatan Waaster Kasad Dampingi Mentan Ri Panen
Raya Jagung Di Provinsi  Lampung berlangsung hingga pukul 16.oo. wib.

You are here: Info Militer YONGMOODO