• Galeri Foto
  • Galeri Foto
  • Galeri Foto

3 BABINSA KORAMIL 421-07/SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN MENGIKUTI SOSIALISASI TANAM PADI METODE HAZTON

E-mail Cetak PDF



Penrem 043/Gatam

Kalianda. 3 Babinsa Koramil 421-07/Sidomulyo Mengikuti Sosialisasi Tanam Padi Metode Hazton di Dusun Sinar Kemuning Desa Beringin Kencana oleh Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Lampung selatan Bp Mugi Rabu 7/6/17 pukul 10.00 wib.

Acara diikuti oleh KUPT Pertanian Kec Candipuro Legiyem,  Babinsa Ramil 421-07 Sidomulyo Pelda Heriudin, Serda Nazarudin dan  Kopka  Nasrullah serta ± 30 orang anggota Kelompok Tani Kencana Mandiri.

Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Lamsel Bp Mugi menyampaikan bahwa tehnik Hazton adalah suatu sistem tanam padi yang menggunakan benih berusia tua yaitu sekitar umur 25-35 hari, dan penanamanya dilakukan setiap lubang tanam 20-30 batang tanaman padi.
 

Tujuan dari tehnik ini adalah untuk menjadikan tanaman lebih produktif dengan cara mengurangi anakan padi.  Keunggulan tehnik Hazton akan meningkatkan produksi padi dan  penanamannya mudah, tanaman tidak mudah stress dan cepat beradaptasi, tanaman tahan terhadap hama seperti keong karena menggunakan bibit berusia tua, mempercepat masa panen hingga 15 hari dan gabah yang dihasilkan bernas.

Sedangkan kelemahan tehnik Hazton  yaitu memerlukan banyak benih, yaitu 100-125 kg/ ha, karena tanaman rimbun maka perlu dikawal dengan agencia hayati (imunisasi padi, penggunaan decomposer/sterilisasi lahan, dan bio fungisida),  perlu pupuk (organik/ anorganik) tambahan dari dosis yang normal. Untuk pola tanam sama seperti pada tehnik-tehnik lainnya

You are here: Home