• Galeri Foto
  • Galeri Foto
  • Galeri Foto

Hut Dharma Pertiwi ke 53, Korem 043/Gatam gelar Donor darah

E-mail Cetak PDF
 

Penrem 043/Gatam

Bandar Lampung – Dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Dharma Pertiwi ke 53 tahun 2017,  menggelar kegiatan donor darah dan penyuluhan kesehatan tentang Kanker Serviks serta pemeriksaan IVA bagi TNI, ASN dan Ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana di wilayah Bandar Lampung. Kegiatan diikuti  235 orang di Rumah Sakit DKT, Bandar Lampung.

Selain atas nama kemanusiaan, donor darah juga baik untuk kesehatan, yakni berfungsi memperbarui sel-sel darah merah. Saat ini di berbagai rumah sakit, tidak hanya di Bandar Lampung, tetapi juga di seluruh pelosok nusantara, masih kekurangan darah segar untuk memenuhi kebutuhan pasien. Tak jarang keluarga pasien harus pontang panting mencari darah segar sendiri, baik melalui PMI maupun mencari orang yang sanggup untuk mendonorkan darahnya demi kebutuhan tranfusi darah pasien, “  Kata Dandenkesyah Letkol Ckm Dr. Anggiat Saat dalam sambutanya .

Ketua Persit Korem 043/Gatam, NY.   Hadi Basuki,  mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT Dharma Pertiwi ke 53  dan Hut Persit ke 71. Selain itu, donor darah merupakan suatu kegiatan sosial kemanusiaan, di mana antara yang mendonorkan dan yang mendapat donor sama-sama mendapatkan faedah. Kelebihan kandungan darah akan mengakibatkan berbagai masalah bagi kesehatan.

“Untuk menetralisir hal tersebut tentunya kita perlu cari jalan keluar, di antaranya donor darah, sedangkan bagi si sakit, darah tersebut sangat dibutuhkan dan pada akhirnya antara pendonor dan yang menerima saling ada keterkaitan. . Ini merupakan wujud bentuk kepedulian Korem 043/Gatam membantu PMI Kota Bandar Lampung menyediakan persediaan darah bagi masyarakat yang sangat membutuhkan,” tambah Danrem yang juga turut menyumbangkan darahnya.

Selain kegiatan Donor darah, dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan tentang kanker Serviks dan pemeriksaan IVA  oleh Dr. Gilda dan Dr. Ririn dari Yayasan kanker Indonesia.


You are here: Home