• Galeri Foto
  • Galeri Foto
  • Galeri Foto

Deklarasi Nusantara Bersatu di Pesisir Barat

E-mail Cetak PDF
Penrem 043/Gatam.

Kegiatan yang diselenggarakan Kodim 0422/Lampung Barat bersama Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, ini merupakan instruksi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Dengan tema kegiatan, Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita bersama Bhineka Tunggal Ika.

Bupati Agus Istiqlal, dalam orasinya mengatakan Pesisir Barat yang merupakan daerah wisata, tentunya cukup banyak pendatang dan berbaur dengan masyarakat asli di Bumi Para Saibatin dan Ulama ini.
"Namun lagu kita masih sama, Indonesia Raya, sehingga di mana pun kita berada, Bhenika Tunggal Ika harus tetap terjaga, meskipun banyak turis mancanegara, adat istiadat harus tetap terjaga," tegas Agus.
Aksi Nusantara Bersatu bertujuan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menyusul kondisi belakangan yang berpotensi merongrong kedaulatan Tanah Air.
Serta mempersatukan bangsa, aksi tersebut juga untuk menunjukkan bangsa Indonesia tetap bersatu meski ada pihak luar yang ingin memecah belah, jelas Agus.

Selain orasi, kegiatan tersebut diisi dengan pembacaan puisi dan menyanyikan beberapa lagu wajib kebangsaan oleh siswa siswi SMA dan SMP, serta ditutup dengan doa bersama yang dipimpin masing-masing agama yang ada di Kabupaten Pesisir Barat.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina, Sekdakab Pesisir Barat Azhari, Dandim 0422 Lambar diwakilkan Pabung Mayor Muskardi, Kapolres Lampung Barat diwakilkan oleh Kanit Binmas Polsek Pesisir Tengah Ipda Kms Khairul Saleh, Kajari Liwa diwakilkan Kacabjari Krui Sulistiyadi, ketua MUI Pesisir Barat KH Nurhadi, Ketua FKUB Pesisir Barat KH M.Yasin.
Juga hadir, para Danramil 0422, para Kapolsek Rayon 2, para kepala SKPD, dan camat Se-Kabupaten Pesisir Barat. Para Peratin, pimpinan Pondok, Babhinsa dan Babhinkamtibmas, pelajar, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda, serta pimpinan organisasi.

You are here: Home